Museum Nasional Terbakar, Ratusan koleksi terancam

Sumenep Tempo Dulu

Kebakaran Museum Nasional - BBC ID
Suasana saat di depan Museum saat terjadi kebakaran, Sebtu (16/09) - BBC ID

Sebanyak enam ruangan pameran koleksi prasejarah di Museum Nasional Indonesia ludes terbakar pada Sabtu (16/09) malam.

Imbas kebakaran tersebut, Museum yang terletak tak jauh dari Monumen Nasional itu akan ditutup sementara  waktu, sebagaimana keterangan tertulis yang diunggah di akun resmi media sosial pengelola Museum.  

Dilain kesempatan, kebakaran yang melanda museum bersejarah itu telah memunculkan banyak pertanyaan dari para pegiat kesejarahan di Indonesia, terkait bagaimana pengamanan benda-benda bersejarah yang ada di museum itu setelah kebakaran terjadi.

Dikutip dari laman kompas.com, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim mendorong pihak kepolisian segera melakukan investigasi demi mengusut penyebab kebakaran.

“Ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami, bahwa ini bisa terjadi,”.

“Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut,” lanjutnya.

Adapun Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Museum Nasional, Ahmad Mahendra mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk menyelidiki penyebab dari kebakaran itu.

“Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini,” tegas Ahmad dalam keterangannya, Minggu (17/09).

Sebelumnya seperti yang dimuat dalam laman berita detik.com pemadam kebakaran menyatakan ada letupan pendingin udara (AC) yang memantik kebakaran dari bangunan non-permanen untuk pekerja yang terletak di belakang gedung.

“Penyebabnya dari bedeng yang sedang ada pengerjaan di bagian belakang, bedeng tukang,” ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan.

Baca Juga:

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Maaf anda tidak bisa menyalin konten ini. Silahkan share saja.